Dinas Pertambangan & Energi Kabupaten Kutai Kartanegara
Beranda     Berita
 
  Informasi
  Profil
  Struktur
  Arsip Berita
  Galeri Foto
  Agenda Kegiatan
  Download
  Peraturan/Regulasi
  Bidang
  Sekretariat
  Panas Bumi & Migas
  Geologi
  Energi
  Interaktif
  Kontak Kami
  Jajak Pendapat
  Isi Buku Tamu
  Lihat Buku Tamu
 
e-Data Distamben

   Nama Login :   

   Password :   

 
 
POTENSI MANIFESTASI PEMANFAATAN LANGSUNG PANAS BUMI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARAPOTENSI MANIFESTASI PEMANFAATAN LANGSUNG PANAS BUMI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Dikirim Oleh: admin | 04/01/2018 20:26 WITA

Potensi Panas Bumi di Kec.Samboja (Foto: dok.Pabumigas)

Kabupaten Kutai Kartanegara dianugerahi kekayaan akan sumber Daya Alam yang cukup melimpah bukan hanya sektor Perkebunan, kehutanan, kelautannya, juga kaya akan sektor pertambangan mineral, dan batubara serta migas.
Terbitnya Undang-Undang Nomor. 23 Tahun 2014 TentangPemerintahan Daerah yang telah diundangkan tanggal 02 Oktober 2014, memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kewenangan Pemerintahan Kabupaten/Kota di sektor Energi dan sumber Daya Mineral khususnya dalam penyelenggaraan pengelolaan pemanfaatan langsung panas bumi, maupun Undang-Undang No. 21 Tahun 2014 Tentang Panas Bumi.

Dalam mengimplementasian amanah kewenangan sesuai perundang-undangan, Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru terbentuk tahun 2017, giat melakukan kegiatan pencarian informasi dan data keberadaan potensi manifestasi panas bumi untuk pemanfaatan langsung, diantaranya melalui kegiatan Survey dan Identifikasi Panas Bumi Tahun 2017.
Kegiatan survey dan Identifikasi Potensi Manifestasi Panas Bumi meliputi peninjauan dan penggalian informasi serta wawancara dengan pihak pemerintahan, baik Kecamatan, Desa/kelurahan maupun masyarakat setempat,”ujar H. Slamet Hadiraharjo selaku Kadis ESDM Kab. Kukar

sehingga untuk sementara ini didapatkan data awal potensi panas bumi dengan potensi pemanfaatan air panas di Kecamatan Muara Jawa khususnya berada di kelurahan Dondang, dari survey awal didapatkan informasi bahwa potensi ini sudah lama dimanfaatan sebagai tempat wisata sekaligus terapi kesehatan, Sedangkan di Kelurahan Tama Pole juga terdapat keberadaan potensi air panas, pemanfaatan saat ini untuk irigasi perkebunan masyarakat, “ tambahnya.
Dari hasi tinjauan awal ini juga ditemukan juga dalam kawasan yang dikelola Balitek KSDA tepatnya masuk dalam wilayah administrasi Kelurahan Sungai Merdeka, terdapat keberadaan potensi air panas, biasanya tempat ini ramai dimanfaatkan oleh para pecinta alam.


Potensi Panas Bumi Desa Santan Tengah Kec. Marangkayu (Foto: dok.Pabumigas)

Pada keterangan selanjutnya menurut Hj. Titin Rahayu Sumiratin selaku Kabid Panas Bumi menambahkan bekas kegiatan eksplorasi Migas di Kecamatan Marangkayu, Desa Santan Tengah, saat ini menghasilkan air panas, hasil pengecekan suhu 46oC , pH = 8, sebelumnya air panas ini sangat bermanfaat bagi keperluan masyarakat, karena saat ini kebutuhan akan air bersih masih sulit, sekarang sudah tersedianya penyediaan dan pengelolaan air bersih yang di kelola oleh Bumdes, maka pemanfaatan air panas belum dikelola dengan baik.

Masuk dalam wilayah Kerja Pertamina Sanga-sangaField-5 tepatnya di Kelurahan sanga Sanga Dalam saat ini juga menghasilkan air panas pada sumbernya, hasil pengecekan suhu 43oC , pH = 8, sebelumnya telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk pengobatan alternatif bahkan sebagai pelengkap rencana tempat wisata sebagai kota sejarah, “tambahnya.
Dari survey ini juga Selain ditemukan keberadaan potensi panas bumi untuk pemanfaatan langsung, yang cukup menarik dari hasil kebiatan survey dan identifikasi Panas Bumi juga di temukan beberapa fenomena alam lainnya seperti keberadaan lumpur bergelembung atau istilah bahasa lokal lumpur‘meridik’ di beberapa kecamatan di kabupaten Kutai Kartanegara.


Lokasi POtensi di Kec. Tenggarong Seberang (Foto: dok.Pabumigas)

Lumpur bergelembung pertama ditemukan di Dusun Putak Rt.15 Gunung Jebluk Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan, lokasinya berada di perkebunan masyarakat, Lokasi berikutnya ditemukan di Desa Bukit Pariaman Kecamatan Tenggarong Seberang.

Jadi Fakta dan data keberadaan potensi manifestasi panas bumi maupun fenomena alam lainnya yang cukup menarik bahkan bisa dikembangkan kedepannya sebagai salah satu penyumbang Pendapatan Asli daerah (PAD) bila dikemas sedemikian rupa bagi Kabupaten Kutai Kartanegara dan hal ini bisa menepis anggapan bukan hanya daerah gunung api saja bahwa walau bukan termasuk area vulkanik (gunung api) potensi air panas tetap ada di wilayah nonvulcanik seperti di Kabupaten Kutai Kartanegara ini, sehingga kajian teknis terkait keberadaannya perlu dicermati dan dikaji lebih lanjut,”ujar H.Slamet Hadiraharjo yang didampingi Hj. Titin Sumiratin.

     
     
   
 
Sambutan Kepala Distamben Kukar
Selamat datang
dan terima kasih
atas kunjungan
anda ke website resmi
Dinas Energi & Sumber Daya
Mineral Kutai Kartanegara.

>> Sambutan Selengkapnya
Slamet Hadiraharjo, S.Hut, MM
Kepala Dinas ESDM Kutai Kartanegara
 
 
 
 
 
         
Dinas Energi & Sumber Daya Mineral Kutai Kartanegara
Gedung A Lantai II - Kompleks Kantor Bupati Kutai Kartanegara
Jl. Wolter Monginsidi, Tenggarong, Kalimantan Timur

Telp/Fax:+62 541 6666378

E-mail: energikukar@gmail.com
 
GALERI FOTO
Beranda | Profil | Struktur | Arsip Berita | Galeri Foto | Agenda Kegiatan | Kontak | Jajak Pendapat | Isi Buku Tamu | Lihat Buku Tamu
 
Copyright © 2013-2017 Dinas ESDM Kutai Kartanegara