Dinas Pertambangan & Energi Kabupaten Kutai Kartanegara
Beranda     Berita
 
  Informasi
  Profil
  Struktur
  Arsip Berita
  Galeri Foto
  Agenda Kegiatan
  Download
  Peraturan/Regulasi
  Bidang
  Sekretariat
  Panas Bumi & Migas
  Geologi
  Energi
  Interaktif
  Kontak Kami
  Jajak Pendapat
  Isi Buku Tamu
  Lihat Buku Tamu
 
e-Data Distamben

   Nama Login :   

   Password :   

 
 
Koordinasi Pengelolaan PLTS Komunal Di Desa SepatinKoordinasi Pengelolaan PLTS Komunal Di Desa Sepatin
Dikirim Oleh: iskdr | 01/05/2018 21:53 WITA

Lokasi PLTS Komunal 20 kwp Dusun Benati (Foto: adm)

Bertempat diruang rapat Dinas ESDM Kab. Kutai Kartanegara (09/01) telah diadakan rapat terkait Klarifikasi dan Koordinasi Pengelolaan PLTS Komunal / Terpusat 20 kWp yang berada di Dusun Benati Desa Sepatin Kec. Anggana.

Rapat dipimpin langsung Kepala Dinas ESDM yang juga dihadiri Kepala Bidang beserta dan Kepala Seksi, serta Pihak Desa Sepatin dan Kantor Camat Anggana. Pembangunan PLTS Terpusat yang ada di Dusun Benati berawal dari hasil kajian teknis pada tahun 2015, kemudian ditindak lanjuti pembangunan fisik di tahun anggaran 2016 melalui proses Lelang Umum oleh Badan Layanan Pengadaan,kemudian diresmikan pada bulan Desember 2016 oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara"ujar H. Slamet Hadiraharjo.


Modul PLTS Komunal (Foto: adm)

Setelah proses pembangunan fisik selesai dilaksanakan, saat ini PLTS Komunal dikelola secara mandiri oleh kelompok pengelola "Sungai Banjar Terang" Dusun Benati yang mana sudah mendapatkan aliran listrik sebanyak 52 rumah,"tambahnya.

Pihak pengelola mandiri PLTS Komunal di Dusun Benati menyampaikan saat ini tarif yang ditetapkan sebesar 50.000/bulan, dari dana yang terkumpul selain untuk operasional saat ini juga pihak pengelola mengelola dana tersebut untuk simpan pinjam.

Melihat perkembangan yang ada sekarang pihak desa juga menyampaikan saat ini akan melakukan pembenahan di Bumdes Desa Sepatin, yang nantinya pengelolaan PLTS Komunal di Benati secara legal akan dibawah naungan Bumdes.

Pihak Kecamatan Anggana pada kesempatan itu juga menyarankan agar pihak Desa Sepatin segera membenahi kepengurusan Bumdes, yang nantinya bukana hanya menaungi unit usaha PLTS Komunal, bumdes juga mengembangkan dan menaungi seluruh unit usaha yang ada khususnya di Sepatin.

Dari hasil pertemuan ini disimpulkan bahwa pengelolaan PLTS Komunal harus segera dioptimalkan dibawah koordnasi/ Pemerintah Desa Sepatin dan Bumdes Sepatin, sedangkan monitoring dan evaluasi dari Dinas ESDM Kab. Kukar.

kedepannya pengelolaan yang profesional dan optimal diharapkan berdampak pada sektor ekonomi masyarakat khsususnya bagi warga Dusun Benati dan Desa Sepatin pada umumnya, sehingga bisa menjadi salah satu Desa Percontohan seperti Desa Muara Enggelam dalam hal pengelolaan unit usaha PLTS Komunal.

     
     
   
 
Sambutan Kepala Distamben Kukar
Selamat datang
dan terima kasih
atas kunjungan
anda ke website resmi
Dinas Energi & Sumber Daya
Mineral Kutai Kartanegara.

>> Sambutan Selengkapnya
Slamet Hadiraharjo, S.Hut, MM
Kepala Dinas ESDM Kutai Kartanegara
 
 
 
 
 
         
Dinas Energi & Sumber Daya Mineral Kutai Kartanegara
Gedung A Lantai II - Kompleks Kantor Bupati Kutai Kartanegara
Jl. Wolter Monginsidi, Tenggarong, Kalimantan Timur

Telp/Fax:+62 541 6666378

E-mail: energikukar@gmail.com
 
GALERI FOTO
Beranda | Profil | Struktur | Arsip Berita | Galeri Foto | Agenda Kegiatan | Kontak | Jajak Pendapat | Isi Buku Tamu | Lihat Buku Tamu
 
Copyright © 2013-2017 Dinas ESDM Kutai Kartanegara