Mendorong PAD melalui Pemanfaatan Panas Bumi Secara Langsung

Mendorong PAD melalui Pemanfaatan Panas Bumi Secara Langsung

Penyelenggara dan Narasumber

Terbitnya UU Nomor 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah berdampak langsung terhadap kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, tidak terkecuali ke Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Salah satu kewenangan yang ada disektor energi yaitu pemberian izin pemanfaatan energi panas bumi secara langsung, untuk memperjelas mekanisme tersebut dituangkan dalam UU Nomor 21/2014 tentang Panas Bumi. Dengan dasar tersebut Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kutai Kartanegara, melakukan sosialisasi Pemanfaatan Panas Bumi.

“dengan adanya aturan tersebut sejak dibentuknya Dinas ESDM, sudah melakukan beberapa survey dan tinjauan, yang dilanjutkan dengan Kajian Teknis dibeberapa titik yang teridentifikasi Panas Bumi diantaranya di Kelurahan Dondang dan Tamapole Kecamatan Muara Badak”Jelas Kadis ESDM, Slamet Hadiraharjo pada saat sambutan Pembukaan Sosialisasi Pemanfaatan Panas Bumi, Kamis (27/6/2019).

“Pada Pasal 11 UU Nomor 21/2014 sudah jelas disampaikan terkait batasan kewenangan diantaranya pemberian ijin untuk pemandian air panas,usaha agribisnis, atau usaha energi yang tidak merubah energi menjadi bentuk lain “ungkap Kabid Panas Bumi dan Migas Titin Sumiratin, dimateri yang disampaikan.

Dalam kegiatan ini dihadiri 18 kecamatan, OPD Terkait, dan Pelaku Usaha, sedangkan narasumber selain dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, juga ada dari Dirjen KESDM Republik Indonesia, dan moderator dari pihak akademisi juga dari Dewan Riset Daerah Prof. Dr. Ir. Ince Raden.

“Harapan kedepan dengan adanya Sosialisasi ini akan menambah wawasan bagi seluruh undangan dan peserta yang hadir pada hari ini,  optimalisasi potensi panas bumi di Kutai Kartanegara  secara tidak langsung mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) disektor ESDM, dimana semuanya harus menyesuaikan dengan aturan yang ada” Jelas Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sukhrowardy disela sambutan mewakili Bupati Kutai Kartanegara. (iskdr)

Dipost Oleh Iskandar

Post Terkait

Tinggalkan Komentar