Nasi Bumiku dan Ikan Asin mengikuti Generasi III Tahun 2019

Nasi Bumiku dan Ikan Asin mengikuti Generasi III Tahun 2019

Presentasi Kadis di Generasi III tahun 2019

Pada hari Rabu (27/03/2019) diadakan Gelaran Manajemen Perubahan dan Inovasi ke-III (Generasi III) Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2019 yang dilaksanakan di gedung serbaguna Bappeda Kutai Kartanegara, diikuti oleh 45 inovasi dari OPD yang ada di lingkup Pemkab Kukar.

Dinas ESDM di Generasi III tahun 2019 mengikutikan 2 (dua) program inovasi sekaligus yaitu   “ NASI BUMIKU (Mengenalkan Potensi Manifestasi Panas Bumi dan Pemanfaatannya di Kabupaten Kutai Kartaengara) dan “IKAN ASIN” (Replikasi Kelola Komunal Tenaga Surya Sepatin).

Presentasi Inovasi disampaikan langsung Bapak H.Slamet Hadiraharjo, S.Hut.,MM,  Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya  Mineral (ESDM), bahwa Inovasi Nasi Bumiku merupakan salah satu daripada bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dalam mengenalkan bahwa di Kutai Kartanegara tepatnya di  kecamatan Muara Jawa, ada potensi panas bumi untuk pemanfaatan langsung, hal ini juga merupakan bagian pelaksanaan  daripada amanat UU No.23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

 Sedangkan Inovasi berikutnya IKAN ASIN disampaikan bahwa ini bagian daripada Replikasi pengelolaan PLTS Komunal dengan daya 20 Kwp yang ada di Dusun Benati Desa Sepatin Kec. Anggana yang dibangun tahun 2016 melalui APBD Kab. Kukar. Dimana lokasi yang ada merupakan daerah yang memang tidak terjangkau listrik PLN. Dalam inovasi ini pengelolaan yang dijalankan mereplikasi sistem pengelolaan PLTS Komunal yang ada di Muara Enggelam Kec. Muara Wis. Akan tetapi keduanya tetap ada perbedaan.

 Perbedaannya besar daya pembangkit, jumlah pelanggan, daya terpasang, sumber dana, dan pihak pengelola, akan tetapi secara umum sumber daya pembangkit tetap dari matahari. Inovasi IKAN ASIN merupakan langkah nyata Pemerintah melalui DInas ESDM untuk terus mendorong dan mengarahkan masyarakat dalam hal berperan serta untuk menjaga dan mengelola aset yang dibangun melalui anggaran pemerintah untuk kesejahteraaan bersama.

Dalam sambutannya Bupati Kutai Kartanegara Bapak Edy Damansyah menyampaikan bahwa gelaran inovasi ini bukan hanya untuk sekedar  mengikuti gelaran inovasi di tingkat kabupaten saja, akan tetapi harus sampai ke tingkat nasional dam yang paling utama harus dijalankan dan diterapkan diperangkat daerah yang dipimpinnya dan harus ada evaluasi, serta diharapkan  akan menjadi fundamental  dalam pelaksanaan kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Bupati juga menegaskan komitmen pimpinan OPD untuk menerapkan Inovasi dilingkungan kerjanya agar hubungan kerja di OPD yang dipimpim terjalin dengan baik, sehingga dapat menimbulkan semangat kerja bagi aparatur yang dipimpinnya. (iskdr)

Dipost Oleh Iskandar

Post Terkait

Tinggalkan Komentar