Rakor Terbatas Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Tahun 2019

Rakor Terbatas Bidang Energi dan Ketenagalistrikan Tahun 2019

Sambutan Bupati Kukar

 

Selasa(26/3/2018) bertempat di gedung Serbaguna Bappeda Kutai Kartanegara, dilaksanakan Rapat Koordinasi Terbatas Bidang Energi dan Ketenagalistrikan, kegiatan ini bertujuan dalam upaya mendorong percepatan pembangunan infrastruktur energi ketenagalistrikan.

Dalam sambutannya, Edi Damansyah Bupati Kutai Kartanegara, menyampaikan dari 237 Desa ada 17 desa yang belum menikmati listrik PLN, hal ini tidak lepas memang kondisi wilayah Kutai Kartanegara yang sebagian masuk kategori remote area (terpencil).

Melalui Rakor ini kita harapkan adanya persamaan persepsi hitungan basis data, antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi hingga pemerintah pusat, supaya kebijakan penganggaran infrastruktur disektor ketenagalistrikan bisa lebih fokus dan terarah.khususnya di Kutai Kartanegara”tambahnya.

Kegiatan rakor ini dihadiri perwakilan 18 Kecamatan, OPD terkait, Perusda, Pelaku Usaha dan  Forum CSR, sedangkan Narasumber dari Dirjen EBTKE, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dinas ESDM Provinsi Kaltim, PT. PLN (Persero) UP2K Samarinda, dan Pemkab. Kutai Kartanegara.

Tahapan kegiatan meliputi acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber setelah istirahat siang, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin moderator Dr.Thamrin dari Dewan Riset Daerah Kutai Kartanegara.

Dalam sesi diskusi banyak hal yang didapat diantaranya adanya wilayah yang sudah dilintasi jaringan listrik akan tetapi jaringan disribusi belum tersambung ke masyarakat setempat, hal ini menjadi perhatian Pihak PLN dengan menyarankan pihak desa atau kecamatan untuk segera menyampaikan permohonan.

Harapan dari Rakor ini, adanya skala prioritas kebijakan anggaran dan pembangunan energi ketenagalistrikan di Kutai Kartanegara oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, sesuai dengan tema kegiatan yaitu Sinergitas mewujudkan pembangunan sektor energi dan ketenagalistrikan yang merata di Kutai Kartanegara.

Dipost Oleh Iskandar

Post Terkait

Tinggalkan Komentar