Sosialisasi PP NO. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS

Sosialisasi PP NO. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS

Peserta Sosialisasi Dinas ESDM

PNS/ASN Dinas ESDM Kab.Kukar

Senin (29/7/2019) Bertempat di ruang terbuka dilingkungan Dinas ESDM Kutai Kartanegara yang dihadiri seluruh PNS/ASN dan THL  dilaksanakan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor : 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Berbagai cara ditempuh agar para pegawai negeri sipil (PNS) tidak malas dalam bekerja. PNS selama ini memang kerap disorot karena kinerjanya yang kurang. Namun tentu tidak semua PNS. Untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, PNS wajib mematuhi disiplin PNS, sesuai peraturan yang berlaku

Pola penerapan disiplin PNS, dipandang perlu disampakan dan  diingatkan, disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah kesanggupan Pegawai Negeri Sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin,”Ujar Slamet Hadiraharjo selaku Kepala Dinas ESDM saat membuka acara sosialisasi disiplin PNS.

Narasumber dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Kutai Kartanegara menyampaikan “Setiap PNS wajib mentaati segala bentuk peraturan disiplin yang ada, apabila melakukan pelanggaran maka perlu dilakukan tindakan hukuman, tingkat hukuman disiplin terdiri dari hukuman disiplin ringan, hukuman disiplin sedang, dan hukuman disiplin berat.”

Oleh karena itu pelanggaran disiplin PNS bukan delik aduan, oleh karena itu setiap atasan langsung mengetahui/mendapat informasi tentang dugaan pelanggaran disiplin yang dilakukan bawahannya, maka atsan langsung tersebut wajib menindaklanjuti (Psl.23 ayat (1)) PP 53/2010, apabila atasan langsung yang telah mengetahui pelanggaran disiplin yang dilakukan bawahannya, tetapi tidak memanggil, memeriksa, menghukum atau tidak melaporkan kepada atasannya, maka atasannya langsung tersebut juga dijatuhi hukuman disiplin yang jenisnya sama dengan hukuman disiplin yang seharudnya dijatuhkan kepada PNS yang melakukan pelanggaran ini tertuangn pada (Psl.21)

Dengan adanya sosialisasi diharapkan kedepan ada peningkatan kesadaran disiplin PNS, sehingga secara tidak langsung berdampak terhadap peningkatan kinerja. (iskdr)

Dipost Oleh Iskandar

Post Terkait

Tinggalkan Komentar