VISI DAN MISI DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

 VISI

TERWUJUDNYA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA YANG MAJU,MANDIRI, SEJAHTERA, DAN BERKEADILAN

 

Penjabaran makna dari Visi Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu: 

MAJU

:

Kabupaten Kutai Kartanegara diarahkan menuju pada semakin efektifnya pelaksanaan pemerintahan yang bersih dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik yang responsif, merata, berkualitas, dan berbasis kemajuan teknologi.

MANDIRI

:

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki kemampuan dalam mendayagunakan segenap potensi sumberdaya yang dimiliki (ekonomi, sosial, budaya, sumberdaya alam dan energi) berbasis kearifan lokal dan menurunnya disparitas pembangunan antar wilayah serta tetap terjaganya kelestarian alam dan lingkungan hidup.

SEJAHTERA

:

Kabupaten Kutai Kartanegara diarahkan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita masyarakat didukung pemenuhan hak pelayanan dasar masyarakat yang meliputi tingkat pendidikan dan keterampilan masyarakat yang tinggi, pemenuhan derajat kesehatan masyarakat, dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran rendah. Selain itu sejahtera juga diarahkan untuk kondisi masyarakat yang bermartabat, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, serta memiliki kehidupan dalam suasana yang aman dan damai.

BERKEADILAN

:

Pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang adil dan merata, tanpa diskriminasi baik antar individu maupun golongan yang berdasarkan keadilan gender serta perlindungan anak.

  

Maka dalam upaya mewujudkan Visi pembangunan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016- 2021, Misi pembangunan sebagai berikut:

  1. Memantapkan Reformasi Birokrasi untuk rakyat;
  2. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkompeten;
  3. Meningkatkan pembiayaan pembangunan daerah;
  4. Meningkatkan pengelolaan pertanian dan pariwisata untuk percepatan transformasi struktur ekonomi daerah;
  5. Meningkatkan keterpaduan pembangunan infrastruktur menuju daya saing daerah;
  6. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;
  7. Meningkatkan partisipasi perempuan dalam pembangunan serta penguatan perlindungan anak.

Dari ke tujuh misi tersebut misi keenam yang harus diemban oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Misi keenam tersebut dimaknai sebagai upaya untuk memingkatkan infrastruktur pembangunan untuk menjangkau layanan fasilitas umum;

                         Misi VI ; “ Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan “

Sebagaimana diketahui bahwa Kinerja Pelayanan OPD dilandasi berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Pemetaan Kewenangan Urusan Yang Menjadi Kewenangan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Lembaran Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016 Nomor 72) dan Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Nomor 9 Tahun 2016, Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Lembaran Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2016 Nomor 73) maka sekarang menjadi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral  Kabupaten Kutai Kartanegara  dan dapat dijelaskan hasil penjabaran Visi dan Misi Bupati terpilih terkait dengan Urusan Energi dan Sumber Daya Mineral antara lain :

  1. Meningkatkan Pengembangan Energi Baru Terbarukan di Kabupaten Kutai Kartanegara;
  2. Mendorong Penggalian Potensi Panas Bumi di Kabupaten Kutai Kartanegara;
  3. Meningkatkan Pemanfaatan air bersih bagi daerah-daerah yang sulit air bersih;

Strategi organisasi dalam pencapaian tujuan dan sasaran merupakan sebuah rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara operasional dengan memperhatikan, ketersediaan sumber daya organisasi. Dalam mewujudkan tujuan dan sasaran tersebut, maka strategi yang ditetapkan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kutai Kartanegara antara lain :

  1. Penguatan kelembagaan dan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional di sektor energi dan sumberdaya mineral.
  2. Menggali Potensi Pemanfaatan Panas Bumi yang berkesinambungan dan Bertanggung jawab dengan berwawasan lingkungan hidup serta mengetahui potensi data dan informasi migas.
  3. Terwujudnya penyediaan air bersih dari air tanah bagi daerah sulit air yang berwawasan keseimbangan lingkungan dan tersedianya data hasil tambang di Kabupaten Kutai Kartanegara.
  4. Menyediakan pasokan energi pedesaan dari penganekaragaman sumberdaya Energi Baru Terbarukan.