Dinas ESDM Kukar adakan Rapit Test C-19

Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkungan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Rapid Test, Senin (14/9/2020).

Kepala Dinas ESDM Kab. Kukar H. Slamet Hadiraharjo, mengatakan rapid test dilaksanakan kepada Seluruh Pegawai Dinas ESDM sebagai deteksi dini dan sebagai langkah antisipasi awal pencegahan Covid-19 yang semakin banyak terdampak di lingkungan Instansi Pemerintah.

Petugas dari Dinas Kesehatan dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap melakukan uji rapid tersebut kepada para peserta. Mereka diambil sampel darahnya diuji di laboratorium.

“Kita melakukan tes sejumlah pegawai dilingkungan Dinas ESDM Kab.Kukar, sesuai surat permohonan yang disampaikan, kemudian tes dilaksanakan dari pagi hingga siang hari, dan hasilnya bisa diketahui pada hari ini juga. Metodenya dengan pengambilan plasma darah. Sampel darah diambil lalu diuji di laboratorium,” tutur salah satu petugas yang mewakili tim penguji dari Dinas Kesehatan Kukar.

Rapid test ini dilaksanakan sebagai skrining awal untuk melihat kondisi antibodi sebelum dilakukan pemeriksaan lanjutan apabila terjadi hasil yang reaktif. Bagi peserta yang reaktif, maka tes dilanjutkan dengan pengambilan swab.Hasilnya, dikirim ke laboratorium.

“dari hasi tes ini nanti akan muncul dua kategori yakni reaktif dan non reaktif. bagi yang reaktif, akan kita tindak lanjuti dengan pemeriksaan lanjutan berupa pengambilan swab yang akan kita kirimkan hasilnya ke laboratorium,” lanjutnya. (admin/esdm)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *